26 days ago

Memutuskan untuk mengonlinekan bisnis dan membuat website menjadi langkah yang tepat jika mengikuti masa saat ini. Website baru dengan domain baru masih banyak orang belum tahu dan ini menjadi tugas selanjutnya agar bisnis yang dionlinekan menggunakan website jadi diketahui oleh orang banyak khususnya penduduk di dunia maya.

Nama website yang baru sangat bagus sekali apabila langsung di daftarkan ke mesin pencari google dengan sebelumnya telah menentukan apakah akan memakai nama domain TLD biasa seperti .com atau malah yang lagi banyak jenis barunya seperti .biz , .web.id, dan lainnya. Ini pun perlu diperhatikan agar saat disebutkan tidak malah membuat repot seperti halnya lebih mudah mengatakan nama web yang berakhiran .com bagi orang awam sekalipun.

Nama domain baru yang telah ditambahkan ke mesin pencari google melalui webmaster akan segera langsung di datangi oleh robot google untuk melihat dari segi seo nya baik onpage maupun offpage. Oleh karena itu, bukan masalah domain masih baru atau lama yang menentukan hasil pencarian di google untuk kata kunci berat sekalipun seperti halnya jasa seo murah bergaransi bisa berada di peringkat pertama tetapi secara keseluruhan.

Hal ini seperti yang telah ada dikatakan langsung oleh pihak google bagian webspam bernama Matt Cutts menyatakan bahwa tidak ada hubungan sama sekali apakah website memakai domain lama atau domain baru bisa membuat peringkat jadi lebih baik dan bahkan pernyataan ini telah ada sejak tahun 2012 sampai saat ini masih berguna pun setelah terjadi perubahan algoritma tahun 2017 belakangan ini.

Fenomena TLD baru sepertinya masih belum bisa menjadi patokan namun saat dikatikan dengan lokasi atau negara dari website tersebut berada maka peluang pengaruhnya sepertinya ada karena beberapa ahli seo juga mengiyakan pernyataan tersebut, seperti halnya saat menggunakan domain .id dan .co.id ini sudah jelas sekali memberitahukan ke google bahkan ketika di daftarkan pada webmaster untuk pilihan negara tidak ada lagi yang lain langsung Indonesia saja.

Dengan kata lain, apabila website dengan tld tersebut di optimasi secara baik, natural serta mengikuti pedoman dari google maka besar peluang untuk topwan dan sulit untuk di geser apalagi saat orang Indonesia langsung yang mencari ke google karena mulai adanya redirect dari google.com ke google.co.id menjadi faktor pendukung pula.

Simpang siur terkait hal ini juga mendapatkan pembenaran dari beberapa penyedia jasa website dimana para klien juga mulai menanyakan hal yang sama apakah jika dipakai tld jenis baru bisa lebih cepat naik ke google atau tidak.

Untuk google sendiri sampai saat ini masih belum ada keluar statement apa- apa karena nama domain hanya sepersekian persen saja nilainya dari keseleruhan faktor seo sehingga mau buat blog yang khusus bahas seo medan pun rasanya tidak perlu harus sesuai kata kunci dan untuk jenisnya juga bebas mau menggunakan apa karena penting dari semuanya ada trik yang digunakan dalam optimasi website tersebut agar bisa memuncaki posisi pertama di google tanpa harus melanggar dan bahkan lebih parahnya kena penalti.

baca juga:
Hubungan Domain yang ada Kata Kunci dengan SERP Google